Personel Faslan Lanudal Jakarta Ikuti Pelatihan dan Sertifikasi Petugas K3

Personel Satuan Fasilitas Pangkalan, Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut (Satfaslan Lanudal) Jakarta yang dipimpin Kafaslan Letda Laut (T) Sujandoko mengikuti kegiatan Pelatihan dan Sertifikasi Petugas K3 secara Vicon, Senin (24/7/2023).

Pelatihan dan Sertifikasi Petugas K3 Genset D _Blended System_ TA 2023 secara Vicon ini, diikuti di ruang rapat Lanudal Jakarta.

Menurut Danlanudal Jakarta, Letkol Laut (P) Sugiran, dengan semakin bertambah kemajuan zaman di bidang teknologi penggunaan mesin genset atau diesel, namun dalam pengoperasian mesin genset atau diesel tersebut, masih mengandung potensi hazard atau bahaya yang dapat menyebabkan kecelakaan besar, yaitu ledakan dan kebakaran.

Untuk itu, perlunya mengikuti pelatihan bersertifikasi untuk para operator genset, yang mencakup cara-cara mengoperasikan mesin genset yang benar sesuai SOP, undang-undang tentang pesawat tenaga produksi, serta point-point safety atau K3 genset atau diesel yang harus diketahui dan dikuasai oleh para operator genset.

Dengan pelatihan ini, Danlanudal Jakarta berharap, para peserta dapat memahami peraturan perundangan tentang K3, menambah pengetahuan dan memahami dasar-dasar genset/diesel, memahami dasar-dasar kelistrikan dan persyaratan instalasi listrik dan perlengkapannya pada genset, dan mampu serta memahami lingkungan kerja dan pengendaliaannya.

Related posts